Sudah Sejauh Ini Melangkah


Perjalanan sudah sejauh ini. Kapan berhenti? Sudah beberapa kali terjatuh, beberapa kali berhenti, menyangka sudah sampai tujuan tapi ternyata belum sampai. Menyangka sudah bertemu rumah, tapi ternyata milik orang lain.
Perjalanan sudah sejauh ini. Sudah lelah rasanya, tapi jangan sampai langkah kaki ini berhenti begitu saja. Perjalanan ini masih membutuhkan kesabaran dan ketabahan. Harus mengalami panas dan hujan sepanjang perjalanan. Terik dan tak ada pohon peneduh. Hujan dan tak ada tempat menghangatkan diri. Tapi langkah kaki jangan sampai berhenti.
Perjalanan ini benar-benar membutuhkan keberanian. Keberanian mengambil keputusan di persimpangan. Karena sekali langkah itu diambil tidak akan pernah ada lagi alasan untuk kembali. Karena setiap keputusan yang diambil dalam perjalanan ini adalah keputusan permanen. Keputusan yang tidak bisa dibatalkan, keputusan yang akan menggema sepanjang perjalanan berikutnya.
Sudah sejauh ini. Entah kapan akan berhenti. Entah kapan akan tinggal menetap. Entah kapan akan menemukan tempat dimana kata rumah itu tidak hanya menjadi impian, tapi berubah menjadi kenyataan. Entah siapa yang akan memutuskan perjalanan ini. Entah dimana berhentinya. Yang penting saat ini, semeresahkan apapun keadaan disertai ketidakpastian. Jangan berhenti melangkah.

Komentar